Dengan AI Semua Jadi Mudah

Dengan AI Semua Jadi Mudah
Photo by rawpixel.com / freepik

Kemajuan teknologi dekade belakangan ini terbukti berhasil membantu berbagai fungsi dan performa dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan kini orang dibuat takjub dengan banyaknya contoh kecerdasan buatan, yang dalam bahasa asalnya disebut Artificial Intelligence (AI). Teknologi itu secara tidak sadar memudahkan penggunanya dalam melakukan berbagai hal.

Teknologi AI tampaknya sedang meningkat, karena pemanfaatannya dapat membantu operasi. Nah! Anda perlu tahu dulu apa itu AI dan cara kerjanya di platform yang kita gunakan setiap hari. Lantas apa yang perlu diketahui pengguna tentang kecerdasan buatan dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari? Datang dan jelajahi semua manfaat teknologi AI. Ada ratusan, bahkan ribuan tools.

Apa itu kecerdasan buatan? Ia merupakan salah satu jenis teknologi komputasi yang memiliki kemampuan khusus untuk memecahkan masalah. Dengan kecerdasannya yang disebut-sebut mampu menandingi kemampuan kognitif manusia, teknologi AI ini ternyata bisa membantu banyak tugas manusia. Dari yang sederhana hingga yang lebih kompleks.

Contoh kecerdasan buatan (AI) yang banyak digunakan adalah ChatGPT. Teknologi kecerdasan buatan ini telah dirilis oleh Open AI sejak akhir tahun 2022 dan telah menarik perhatian banyak orang. Dimana keberadaannya mampu menunjang berbagai bentuk pekerjaan manusia, misalnya lebih cepat mencari informasi, menggaungkan ide dan mencari referensi untuk tugas-tugas akademik. Kenyataan ini semakin menyoroti betapa bermanfaatnya teknologi AI dalam kehidupan sehari-hari.

Asisten virtual

Asisten virtual adalah contoh pertama kecerdasan buatan yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti peran asisten pada umumnya. Teknologi ini mampu membantu berbagai tugas manusia semisal mencari informasi, menjadwalkan rapat, membaca email, bahkan mengingatkan Anda akan beberapa acara penting yang harus Anda hadiri.

ChatGPT adalah contoh kecerdasan buatan berupa asisten virtual. Teknologi ini dapat membantu banyak tugas sehari-hari, seperti menghasilkan ide, mengumpulkan informasi, dan bekerja dengan konten tekstual. Tak heran jika AI menjadi andalan banyak orang, karena menawarkan banyak keuntungan. Selain itu, asisten virtual yang biasa digunakan sehari-hari juga memperkenalkan kemampuan suara, seperti teknologi dari beberapa perusahaan ternama, semisal Siri dan Google Assistant? Keduanya telah terbukti mampu menggantikan tugas yang biasanya Anda lakukan dengan bantuan teknologi AI.

Media Sosial

Siapa sangka ada platform yang juga menggunakan teknologi kecerdasan buatan dan digunakan masyarakat hampir setiap hari. Padahal, media sosial merupakan contoh artificial intelligence (AI) dalam kehidupan sehari-hari, seperti Facebook dan Instagram. Keduanya menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi dan meneliti minat penggunanya agar konten yang disediakan sesuai dengan minat penggunanya.

Twitter menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi tweet yang mengandung ujaran kebencian. Di banyak media sosial semacam itu, kecerdasan buatan bertugas mengumpulkan semua data pengguna. Konten yang ditampilkan nanti di akun pengguna sesuai dengan minat dan kebutuhan pengguna.

Mesin Pencari

Contoh lain dari kecerdasan buatan (AI) adalah fungsi mesin pencari. Teknologi ini adalah contoh kecerdasan buatan yang paling sering Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan hasil pencarian yang paling relevan dan menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Saat menjelajah di browser atau di beberapa platform lain, kotak mesin pencari biasanya menampilkan saran topik kepada pengguna. Saran untuk frasa penelusuran yang relevan dapat menghemat waktu dan mempermudah pencarian informasi. Tak disangka, pencocokan ini merupakan hasil data pengguna yang dikumpulkan dan dianalisis oleh mesin pencari menggunakan teknologi kecerdasan buatan.

Aplikasi Streaming Musik dan Film

Apakah Anda termasuk orang yang suka mendengarkan musik di platform streaming musik seperti Spotify, JOOX, dan Apple Music? Atau kamu juga sering nonton film-film populer terbaru dari platform streaming film seperti Netflix, Disney Hotstar, dan Vidio? Siapa sangka kedua platform streaming ini adalah contoh kecerdasan buatan yang sering kita gunakan dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya, jika Anda menggunakan layanan streaming musik, platform tersebut akan menawarkan beberapa rekomendasi lagu dalam genre musik favorit Anda. Ini adalah hasil kecerdasan buatan yang mempelajari kebiasaan pengguna mendengarkan lagu-lagu tertentu, sehingga Anda dapat mengkurasi lagu sesuai minat Anda.

Perbankan Seluler

Teknologi AI, sebenarnya berasal dari perbankan. Yang dulunya sistem manual kini bisa dilakukan secara otomatis. Jika pihaknya menggunakan aplikasi mobile banking atau m-banking untuk memungkinkan pengguna melakukan transaksi keuangan apapun tanpa khawatir tidak ada ATM terdekat. Jadi Adanya m-banking merupakan salah satu contoh kegunaan kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, teknologi ini dapat mengembangkan sistem perbankan yang jauh lebih efisien dan aman terutama untuk kenyamanan penggunanya, sehingga transaksi keuangan dapat dilakukan dengan lebih aman tanpa harus khawatir di mana ATM terdekat berada.

Aplikasi Lalu Lintas Internet

Ada lagi nih, apakah Anda sering menggunakan aplikasi transportasi online seperti Grab, Gojek atau Maxim dalam keseharian Anda? Bahkan, platform tersebut juga menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk memfasilitasi tindakan pengguna.

Aplikasi lalu lintas web adalah contoh lain dari kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari, yang juga jarang Anda pahami. Teknologi kecerdasan buatan digunakan untuk mengelola interaksi pengguna dengan fitur aplikasi transportasi online. Misalnya, ketika Anda memesan layanan ojek online, Anda akan diberi tahu di mana pengemudi ojek online itu berada dan berapa lama Anda harus menunggu. Nah, semua itu bisa terjadi berkat penggunaan teknologi kecerdasan buatan pada aplikasi transportasi online.

Aplikasi Belanja Online

Aplikasi e-commerce mungkin merupakan contoh terbaru kecerdasan buatan (AI) yang sering Anda gunakan namun tidak menyadari kekuatan AI. Anda sering menggunakan platform belanja yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda dan benar-benar mengandalkan teknologi AI untuk membuatnya berfungsi. Teknologi ini tentunya digunakan untuk memaksimalkan pengalaman berbelanja agar terasa lebih personal, karena banyak rekomendasi produk yang disesuaikan dengan minat pengguna.

Rekomendasi ini berasal dari pola pemilihan produk yang paling sering dilihat, yang diperiksa oleh AI untuk memilih produk terbaik bagi pengguna. Ini adalah contoh penggunaan kecerdasan buatan atau artificial intelligence dalam kehidupan sehari-hari.

Fakta yang menarik adalah banyak aktivitas kehidupan kita saat ini didukung oleh penggunaan teknologi kecerdasan buatan, baik Anda bekerja, menjelajah, atau menjelajahi jejaring sosial. Dimana teknologi kecerdasan buatan atau AI mempengaruhi pilihan dan tindakan kita dalam kehidupan sehari-hari. Berkat ini, pekerjaan menjadi lebih mudah dan efisien. Tentunya untuk menikmati kenyamanan dari berbagai contoh AI tersebut, Anda perlu membekali diri.



Komentar Anda:

Anda telah berhasil berlangganan di Sabili.id
Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh ke Sabili.id
Assalamu'alaikum! Anda telah berhasil masuk.
Anda gagal masuk. Coba lagi.
Alhamdulillah! Akun Anda telah diaktifkan sepenuhnya, kini Anda memiliki akses ke semua artikel.
Error! Stripe checkout failed.
Alhamdulillah! Your billing info is updated.
Error! Billing info update failed.