Menggugurkan Piutang sebagai Zakat, Bolehkah?

Menggugurkan Piutang sebagai Zakat, Bolehkah?

Tanya:

Assalaamualaikum Ustadz. Mohon pencerahan. Saya menghutangkan atau meminjamkan uang kepada kawan saya sejak 2017. Sejumlah Rp. 11 juta dan sampai sekarang, hutang tersebut belum lunas. Dia orang yang baik, menjaga shalat berjamaah dan mengerti agama. Sebenarnya kemampuan dia untuk bayar hutang memang kurang. Dia punya keluarga yang bisa dibilang berada, tetapi dia menghindari bantuan orang tua, apalagi warisan. Dugaan saya, ada semacam hubungan kurang baik dengan sang ayah (semoga sekarang baik). Dalam hal ini, bolehkan saya membayar zakat mal saya dengan cara menganggap lunas semua/sebagian uang saya yang masih sama kawan saya tersebut (piutang)?

Hamba Allah, Jakarta.

Jawab:

Waalaikum salam warahmatullah wabarakatuh.

Masalah seperti ini ada khilafiyah di kalangan para ulama.

Pendapat mayoritas ulama adalah, piutang tidak bisa dijadikan zakat. Ini adalah pendapat resmi yang dipegang dalam madzhab yang empat.

Al Imam An-Nawawi mengatakan dalam kitab Al-Majmu’

إذا كان لرجل على معسر دين، فأراد أن يجعله عن زكاته وقال له: جعلته عن زكاتي، فوجهان (في مذهب الشافعي). أصحهما لا يجزئه، وهو مذهب أبي حنيفة وأحمد؛ لأن الزكاة في ذمته، فلا تبرأ إلا بإقباضها، والثاني: يجزئه، وهو مذهب الحسن البصري وعطاء؛ لأنه لو دفعه إليه، ثم أخذه منه جاز، فكذا إذا لم يقبضه، كما لو كانت عنده دراهم وديعة ودفعها عن الزكاة، فإنه يجزئهسواء قبضها أم لا. أما إذا دفع الزكاة إليه بشرط أن يردها إليه عن دينه، فلا يصح الدفع إليه، ولا نويا ذلك ولم يشرطاه جاز بالاتفاق، وأجزأه عن الزكاة، وإذا رده إليه عن الدين برئ منه، ولو قال المدين: ادفع إلى زكاتك حتى أقضيك دينك، ففعل، أجزأه عن الزكاة، وملكه القبض، ولا يلزمه دفعه إليه عن دينه، فإن دفعه أجزأه
“Jika seseorang punya piutang terhadap orang yang kesulitan membayar, kemudian dia melunaskan piutangnya itu dan mengatakan pada yang berutang, “Sudah tidak usah bayar, anggap saja itu zakat dari saya”, maka dalam madzhab Syafi’i ada dua wajah dan yang paling shahih adalah itu tidak berlaku sebagai zakat". Ini sama dengan madzhab Abu Hanifah dan Ahmad.

Alasannya karena zakat berada dalam tanggungan sehingga tidak akan lepas tanggungan itu sampai dia serahkan (fisiknya) ke orang lain.

Wajah (versi pendapat dalam madzhab) kedua, itu sah (sebagai zakat). Ini adalah pendapat Hasan Al-Bashri dan ‘Atha. Alasannya, kalau dia memberikan zakat itu kepada orang yang berutang tadi, lalu orang itu membayar utangnya dengan uang itu lagi kepadanya maka itu sah, maka begitu pula kalaupun dia tidak memberikannya (langsung potong utang saja –penerj), sebagaimana kalau dia punya uang dirham sebagai titipan lalu dia bayarkan sebagai zakat maka itu sah, baik dia sempat menyerahkan (kepada mustahiq) maupun tidak.

Namun bila ia membayar zakat kepada debiturnya itu dengan syarat dia harus membayar utangnya, maka ini tidak sah sebagai zakat. Tapi kalau mereka berdua tidak ada niat untuk itu dan tidak mensyaratkan di awal maka itu sah menurut kesepakatan ulama madzhab (Syafi’i).

Kalau debitur (orang yang berutang) ini berkata kepada krediturnya, “Sini bayarkan zakat anda kepada saya biar saya gunakan itu untuk membayar utang saya kepada anda”, maka itu sah sebagai zakat. Si debitur langsung memiliki uang zakat itu kala diserahkan kepadanya dan dia tidak berkewajiban membayar utangnya dengan uang itu. Tapi kalau dia membayarnya dengan uang itu juga maka sah sebagai zakat.”

(Selesai dari Al-Majmu’ jilid 6 hal. 210-211).

Kemudian mari kita lihat paparan dari Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah dalam masalah ini:

لاَ يَجُوزُ لِلدَّائِنِ أَنْ يُسْقِطَ دَيْنَهُ عَنْ مَدِينِهِ الْفَقِيرِ الْمُعْسِرِ الَّذِي لَيْسَ عِنْدَهُ مَا يَسُدُّ بِهِ دَيْنَهُ وَيَحْسِبَهُ مِنْ زَكَاةِ مَالِهِ. فَإِنْ فَعَل ذَلِكَ لَمْ يُجْزِئْهُ عَنِ الزَّكَاةِ، وَبِهَذَا قَال الْحَنَفِيَّةُ وَالْحَنَابِلَةُ وَالْمَالِكِيَّةُ مَا عَدَا أَشْهَبَ، وَهُوَ الأَْصَحُّ عِنْدَ الشَّافِعِيَّةِ، وَقَوْل أَبِي عُبَيْدٍ. وَوَجْهُ الْمَنْعِ أَنَّ الزَّكَاةَ لِحَقِّ اللَّهِ تَعَالَى، فَلاَ يَجُوزُ لِلإْنْسَانِ أَنْ يَصْرِفَهَا إِلَى نَفْعِ نَفْسِهِ أَوْ إِحْيَاءِ مَالِهِ، وَاسْتِيفَاءِ دَيْنِهِ.
“Kreditur (orang yang mengutangi) tidak boleh menjadikan pengguguran piutangnya atas diri debiturnya yang faqir dan kesusahan hidup dan tak punya apa-apa untuk membayar utang sebagai zakat malnya. Kalau dia melakukan itu maka tidak sah sebagai zakat. Ini adalah pendapat madzhab Hanafi, Hanbali, Maliki dan wajah yang ashah (versi kesimpulan madzhab yang paling kuat) dalam madzhab Syafi’i, serta pendapat Abu ‘Ubaid.

Alasan pelarangan menurut mereka adalah bahwa zakat itu hak Allah, maka manusia tidak boleh memperlakukannya demi kepentingan dirinya sendiri, atau untuk mengganti hartanya, atau melunasi piutangnya.”

(Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyyah 23/299).

Inilah pendapat yang lebih selamat dan lebih baik untuk diikuti sehingga jangan menjadikan pengguguran utang sebagai zakat kita kepada debitur yang belum mampu membayarnya.

Wallahu a’lam bis shawaab.


Dijawab oleh Ustadz Anshari Taslim, Lc. / Mudir Pesantren Bina Insan Kamil - DKI Jakarta

Bagi pembaca setia Sabili.id yang ingin mengajukan pertanyaan seputar kaidah hukum Islam, silahkan mengirimkan pertanyaannya ke meja redaksi kami melalui email: [email protected]

Google News

Komentar Anda:

Anda telah berhasil berlangganan di Sabili.id
Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh ke Sabili.id
Assalamu'alaikum! Anda telah berhasil masuk.
Anda gagal masuk. Coba lagi.
Alhamdulillah! Akun Anda telah diaktifkan sepenuhnya, kini Anda memiliki akses ke semua artikel.
Error! Stripe checkout failed.
Alhamdulillah! Your billing info is updated.
Error! Billing info update failed.