WPS Office Level Huawei cuma Gimmick?

WPS Office Level Huawei cuma Gimmick?
Tampilan aplikasi WPS Office / WPS Office

Huawei melalui Matepad 11 baru mencoba memberikan pengalaman “PC level” pada perangkat tablet. Selama ini konsumen cenderung ragu memilih tablet sebagai perangkat harian untuk menunjang pekerjaan karena keterbatasan kemampuan komputasi tablet di tingkat pekerjaan profesional. WPS office yang selama ini hadir dalam bentuk mobile di perangkat android, kini berwujud aplikasi PC.

Huawei Matepad memang tidak menggunakan sistem operasi android, tapi pada dasarnya mampu menjalankan sistem yang sama hanya minus google services. Bukan Harmony OS yang membuat WPS office level itu bisa berjalan di perangkat mobile, melainkan Linux.

Untuk user linux kemungkinan akan familiar dengan tampilan antarmuka WPS office yang disuguhkan oleh Huawei. Karena memang sama persis dengan versi linux. Sementara ini belum terlihat perbedaan baik fungsi dan tampilan antara WPS versi Matepad dengan versi linux.

Baca Juga : 5 Tips Aman Bertransaksi Digital

Linux pada dasarnya bukan OS, melainkan kernel yang nantinya akan diolah oleh pengembang menjadi Distro oleh pengembang. Android seperti kita tahu menggunakan kernel linux pada pondasi dasarnya. Setelah proses pengembangan, kita mengenal beberapa OS android for PC yang dijalankan di atas kernel Linux.
Chrome OS meski bukan android OS, tapi merupakan contoh paling populer OS berbasis linux yang dapat menjalankan aplikasi android dan linux secara bersamaan. Chrome OS sendiri dikembangkan dari gentoo linux dengan penyesuaian khas google. Pada sistem operasi ini, tentunya sangat memungkinkan menginstal WPS office versi linux dengan tampilan antarmuka seperti WPS office level-nya Huawei.

“Itu kan di perangkat x86, Huawei tetap istimewa dong bisa menghadirkan di perangkat ARM?!” Hemm, WPS office versi linux juga bisa kita instal loh di sistem operasi lain berbasis ARM, contohnya Raspbian pada Raspberry pi. Semenjak kernel Linux versi 5.xx, pengembangan aplikasi untuk perangkat berbasis ARM cenderung lebih optimal. Karena Linux juga menargetkan OS yang berbasis linux bisa dijalankan di prosesor M1 milik Apple dengan lancar.

Tentunya kehadiran WPS PC level ini menjadi potensi bagi perusahaan lain untuk mampu menghadirkan tablet dengan ekosistem kerja yang lebih profesional. Karena pada dasarnya, WPS Office level nya Huawei tidak benar-benar eksklusif. Hidup Open Source!



Komentar Anda:

Anda telah berhasil berlangganan di Sabili.id
Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh ke Sabili.id
Assalamu'alaikum! Anda telah berhasil masuk.
Anda gagal masuk. Coba lagi.
Alhamdulillah! Akun Anda telah diaktifkan sepenuhnya, kini Anda memiliki akses ke semua artikel.
Error! Stripe checkout failed.
Alhamdulillah! Your billing info is updated.
Error! Billing info update failed.