“Ramadhan Journey”, Upaya Kelompok Studi Pelajar Muslim Optimalkan Ramadan

“Ramadhan Journey”, Upaya Kelompok Studi Pelajar Muslim Optimalkan Ramadan
Kelompok Studi Pelajar Muslim (KSPM) mengadakan kegiatan bertajuk Gebyar Ramadhan Variasi Terkini atau GRAVITY / Foto Istimewa

Kelompok Studi Pelajar Muslim (KSPM) adalah sebuah organisasi pelajar di bawah Yayasan Studi Pelajar Muslim atau YSPM. Di bulan Ramadan ini KSPM menggelar sebuah kegiatan positif. Ya, selama dua hari, 30-31 Maret 2024, KSPM mengadakan kegiatan bertajuk Gebyar Ramadhan Variasi Terkini atau GRAVITY. Kegiatan yang mengangkat tema “Ramadhan Journey” itu diadakan di Masjid besar At-Taqwa, Bojong Baru, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ramadhan Journey” adalah sebuah kegiatan yang bersifat terbuka untuk pelajar se-Kabupaten Bogor. Pesertanya terdiri dari pelajar Tingkat SMP dan SMA, baik laki-laki maupun perempuan. Dan bukan hanya dari Kabupaten Bogor saja, karena ada juga peserta dari binaan KSPM sendiri yang juga turut memeriahkan acara ini.

Kepada Sabili.id, Ketua KSPM Muhammad Nur Afriza mengatakan, tujuan kegiatan “Ramadhan Journey” adalah untuk mengoptimalkan Ramadan untuk pelajar dengan kegiatan-kegiatan yang positif.

Tujuan kegiatan ini adalah ngasih wadah buat teman-teman pelajar, agar di waktu Ramadan itu diisi dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat, karena kan Ramadhan ini kebanyakan pelajar juga libur sekolahnya. Dan kita ngasih bekal-bekalan Ramadan berbentuk apa aja, ya. Ini ada beberapa rangkaian agenda. Salah satunya ya, ini, Kata Muhammad Nur Afriza.

Afriza menambahkan, acara ini sebenarnya merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Namun, setiap tahun acara tersebut memiliki agenda yang beda-beda.

Baca juga: Yayasan Nirunabi Society Gelar Buka Puasa Bersama 200 Santri Binaan di Lapas Gunung Sindur

Acara ini dilaksanakan setiap tahun dengan agenda yang beda-beda. Nama programnya GRAVITY. GRAVITY sudah berjalan tahun ke-6, dan banyak kegiatannya. Salah satunya adalah acara hari ini, Ramadhan Journey,” jelas Afriza.

Sejumlah kegiatan mengisi rangkaian acara yang dilaksanakan selama dua hari itu. Di antaranya adalah Tilawah Qur’an dan kajian-kajian keislaman. Kajian pertama digelar di hari pertama, diisi oleh Kang Resnu mulai dari pukul 13.00 WIB hingga 14.30 WIB. Kang Resnu adalah seorang Imam Muda. Sedangkan tema yang diangkat di kesempatan itu adalah, “Mengoptimalkan Proses Ramadhan dan Muhasabah dalam Bulan Ramadhan”.

Setelah shalat ashar berjama’ah, diadakan kajian kedua. Haidar Alfadhil (Trainer Profesional) tampil mengisi kajian bertema “Menggali Makna Sejati Buah Semangka tentang Kemanfaatan dan Kepedulian”. Rangkaian kegiatan kemudian dilanjutkan dengan iftar dan shalat Magrib.

Setelah melaksanakan shalat tarawih secara berjamaah, rangkaian kegiatan dilanjutkan kajian ketiga. Kajian ketiga ini mengangkat tema, “Palestina, dari Nestapa Menuju Kebangkitan”. Materi kajian ketiga ini disampaikan oleh Habli Robbi Waliyya yang akrab disapa Ustadz Wali. Ustadz wali adalah seorang ustadz muda lulusan Universitas Islam Madinah dan Al-Quranul Karim University Sudan.

Seluruh agenda kajian dilaksanakan pada 30 Maret. Di hari kedua, tidak banyak acara yang digelar. Hanya acara penutupan kegiatan “Ramadhan Journey” yang diadakan di pagi ini, Ahad, 31 Maret 2024, pukul 05.00 WIB. Penutupan kegiatan “Ramadhan Journey” diisi dengan pemberian THR kepada pelajar yang turut memeriahkan kegiatan tersebut hingga selesai.



Komentar Anda:

Anda telah berhasil berlangganan di Sabili.id
Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh ke Sabili.id
Assalamu'alaikum! Anda telah berhasil masuk.
Anda gagal masuk. Coba lagi.
Alhamdulillah! Akun Anda telah diaktifkan sepenuhnya, kini Anda memiliki akses ke semua artikel.
Error! Stripe checkout failed.
Alhamdulillah! Your billing info is updated.
Error! Billing info update failed.