LINE FORUM Dorong Peningkatan Pemberdayaan Ekonomi dan Wirausaha Sosial

LINE FORUM Dorong Peningkatan Pemberdayaan Ekonomi dan Wirausaha Sosial
Dokumen Pribadi / sabili.id

Dompet Dhuafa didukung oleh Departemen Pengembangan Sosial dan Kesejahteraan (PSdK) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (UGM), menginisiasi Local Leader in Empowerment (LINE) Forum. LINE Forum adalah sebuah inisiatif untuk mendorong dan meningkatkan kapasitas para penggerak program pemberdayaan ekonomi dan wirausaha sosial di seluruh Indonesia, serta membuka ruang kesempatan bagi mereka untuk berkolaborasi dengan jejaring yang lebih luas. Acara tersebut berlangsung pada 26-28 Juli 2023.

“Kolaborasi antara praktisi pemberdayaan dan akademisi dapat memperkuat aksi-aksi pemberdayaan di lapangan, sehingga dapat memperkuat dampak positif bagi masyarakat,” kata Ketua Departemen PSdK Fisipol UGM, Krisdiyatmoko.

Dekan Fisipol UGM, Dr Wawan Mas'udi, mengatakan, pihaknya menyambut baik ajakan Dompet Dhuafa untuk berkolaborasi dalam program tersebut. "Kami memberikan 3 (tiga) kata kunci dari program LINE Forum. Pertama adalah Filantropi, semangat berbagi untuk sesama. Kedua, bicara tentang entrepreneur. Penumbuhan usaha masyarakat. Lalu, yang ketiga, Kolaborasi. Fisipol UGM menyambut baik ajakan kolaborasi dengan Dompet Dhuafa untuk menghadirkan manfaat yang kuat bagi masyarakat," kata Wawan Mas'udi.

Peserta LINE Forum adalah 30 penggerak pemberdayaan masyarakat atau local leaders dari seluruh Indonesia. Mereka berperan sebagai inisiator lokal yang hidup di tengah masyarakat yang memiliki pengetahuan dan kepedulian terkait permasalahan kemiskinan yang dihadapi masyarakat. Local Leaders memiliki gagasan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan mengoptimalkan berbagai potensi maupun sumber daya yang dimiliki masyarakat.

Di dalam implementasinya, local leader merupakan salah satu faktor yang menunjang keberhasilan program pengentasan kemiskinan. Mereka memegang peran kunci dalam menggeser konsep tertulis program menjadi aksi-aksi pendampingan yang diharapkan secara efektif menciptakan perubahan positif di masyarakat. LINE Forum digagas untuk menguatkan upaya pengentasan kemiskinan yang diinisiasi para local leaders, sehingga secara efektif memberikan dampak yang kuat dan berkelanjutan.

"LINE Forum adalah salah satu strategi Dompet Dhuafa dalam mengembangkan program pemberdayaan, berkolaborasi dengan Local Leader, berorientasi pada dampak yang kuat dan berkelanjutan," pungkas Direktur Program Dompet Dhuafa, Bambang Suherman.


Komentar Anda:

Anda telah berhasil berlangganan di Sabili.id
Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh ke Sabili.id
Assalamu'alaikum! Anda telah berhasil masuk.
Anda gagal masuk. Coba lagi.
Alhamdulillah! Akun Anda telah diaktifkan sepenuhnya, kini Anda memiliki akses ke semua artikel.
Error! Stripe checkout failed.
Alhamdulillah! Your billing info is updated.
Error! Billing info update failed.