Merajut Ukhuwah dengan Memanah

Merajut Ukhuwah dengan Memanah
KPBA Open National Horsebow Turnament 2023 / Foto Istimewa

Komunitas Pemanah dan Berkuda Az-Zikra (KPBA) Bogor pada Sabtu (25/11/2023) menyelenggarakan event bernama KPBA OPEN NATIONAL HORSEBOW TOURNAMENT 2023”. Salah satu acaranya adalah turnamen memanah yang terbuka untuk pelajar dan umum. Ratusan peserta dari berbagai daerah pun turut berpartisipasi dalam turnamen itu,

“Event ini diselenggarakan setiap tahun sekali, dan qadarallah tahun ini penyelenggaraannya bertepatan dengan Milad KPBA yang ke-6. Acara ini diikuti oleh 867 peserta yang terdiri dari beberapa kelas. Mulai dari tingkat SD kelas 1-3; kelas 4-6 SD; SMP; juga Ikhwan dan Akhwat dewasa. Jenis panahannya khusus Horsebow,” jelas Ketua Panitia KPBA OPEN NATIONAL HORSEBOW TOURNAMENT 2023, Ustadz Zulfikar, menjawab pertanyaan sabili.id.

Baca Juga : Titip Ukhuwah Islamiyah kepada Ketua MUI Baru

Ia melanjutkan, dalam perlombaan panahan ini peserta dibagi menjadi beberapa kelas. Setiap peserta harus membidik sasaran dari jarak 5 m sampai 30 m. Bermacam hadiah disediakan untuk para pemenang. Di kategori dewasa, juara 1 mendapatkan hadiah uang sebesar 4 juta Rupiah, juara 2 senilai 2,5 juta Rupiah, dan juara 3 senilai 1,5 juta Rupiah. Untuk kategori SMP, juara 1 mendapat hadiah senilai 1,25 juta Rupiah, juara 2 sebesar 1 juta Rupiah, dan juara 3 sebesar Rp 750.000. Sedangkan untuk kategori SD, juara 1 mendapat hadiah uang 1 juta Rupiah, juara 2 senilai Rp 750.000, dan juara 3 sebesar Rp 500.000.

Yang unik, penyelenggaraan event ini menjadi lebih meriah karena tak hanya menggelar lomba panahan saja. Ada juga bazar makanan dan pakaian.

“Di sini juga ada bazar makanan dan pakaian yang dikelola oleh panita bekerja sama dengan masjid, yang nantinya akan di bagi hasil untuk masjid juga. Dan Alhamdulillah, ada beberapa sponsor juga yang berpartisipasi. Termasuk ada (sponsor) dari BSI dan Pertamina,” kata Ustadz Zulfikar.

Ustadz Zulfikar pun berharap, lewat turnamen yang diselenggarakan di lapangan parkir Masjid Az-Zikra, Sentul, Bogor, ini akan terbina jalinan ukhuwah Islamiyah yang erat. “Mudah-mudahan event ini bisa menjadi penyemangat buat para Archer (pemanah, red), dan tentunya untuk Ukhuwah Islamiyah, yang mungkin tadinya belum saling kenal sekarang (di turnamen ini) menjadi saling kenal, Alhamdulillah…” pungkasnya.


Komentar Anda:

Anda telah berhasil berlangganan di Sabili.id
Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh ke Sabili.id
Assalamu'alaikum! Anda telah berhasil masuk.
Anda gagal masuk. Coba lagi.
Alhamdulillah! Akun Anda telah diaktifkan sepenuhnya, kini Anda memiliki akses ke semua artikel.
Error! Stripe checkout failed.
Alhamdulillah! Your billing info is updated.
Error! Billing info update failed.