Trip Muslim Friendly 2024 ala LDK Uswah UPN Veteran Jakarta

Trip Muslim Friendly 2024 ala LDK Uswah UPN Veteran Jakarta
Daurah Marhalah bertajuk “Trip Muslim Friendly 2024” ini mengusung tema SEMANGKA (Seeking the Way for Being a Muslim with Good Character) / LDK Uswah

Daurah Marhalah bertajuk “Trip Muslim Friendly 2024” ini mengusung tema SEMANGKA (Seeking the Way for Being a Muslim with Good Character). Acaranya diadakan di Villa ABL, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Sabtu - Ahad, 13-14 Januari 2024.

Ketua LDK Uswah UPN Veteran Jakarta, Muhammad Alfalah, ketika pembukaan kegiatan, mengatakan, peserta Daurah Marhalah itu adalah insan terbaik. Sehingga, seharusnya output kegiatan ini juga memberikan hasil yang baik.

“Semua yang hadir dalam training ini adalah kader-kader terbaik dalam lembaga dakwah ini. Dan mau meluangkan waktu, tenaga, bahkan harta, untuk mengikuti training ini. Kalian semua Allah sebutkan dalam Al Qur’an, ‘Kuntum khaira ummatin ukhrijat linnasi ta'muruna bil-ma‘rufi wa tanhauna ‘anil-munkari wa tu'minuna billah’. Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia (selama) kamu menyuruh (berbuat) yang makruf, mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Maka, saya berharap, selama training ini teman-teman memperbaiki niat hanya untuk mencapai ridha Allah, sehingga selesai training ini teman-teman bisa memiliki hasil yang baik,” kata Falah di depan seluruh peserta training.

Terdapat beberapa kegiatan dalam daurah kali ini. Yaitu kajian, khataman Al Qur’an, focus group discussion (FGD), dan outbond. Kajian kali ini diisi oleh Wakil Redaktur Pelaksana sabili.id, Ust. Habli Robbi Waliyya, Lc, MA. Sedangkan kajian kedua diisi oleh Anggota Divisi Pemberdayaan NAFA, Ust. Faturochman, Lc, MS.I.

Baca juga: Hybrid Meeting di Yarsi: Geopolitik, Kunci Tercapainya Cita-Cita Kemerdekan Indonesia

Di kesempatan itu, Ust. Habli Robbi Waliyya yang biasa dikenal sebagai Ustadz Wali membahas terkait Syumuliyatul Islam atau kesempurnaan Islam. Di dalam kajian kali ini, Ustadz Wali menggunakan metode penyampaian dengan simulasi jual beli telepon genggam secara kelompok. Di bagian akhir, Ustadz Wali menjelaskan hasil simulasi tersebut. Yaitu penggambaran bahwa Islam bukan hanya membahas hal-hal terkait ritual peribadahan saja, tetapi Islam mencakup segala aspek dan semua bidang di kehidupan manusia, termasuk proses jual-beli.

Sedangkan Ust. Faturochman atau Ustadz Fatur membahas hal-hal terkait Ma’rifatullah atau mengenal Allah. Pada kajian ini, Ustadz Fatur menjelaskan dalil-dalil landasan dalam mengenal Allah, yakni dalil fitrah manusia, dalil akal, dan dalil wahyu. Selanjutnya, ia menjelaskan tentang manfaat ber-ma’rifatullah, yaitu mendapatkan kebebasan, ketenangan jiwa, keberkahan, kehidupan yang baik, dan ridha Allah.

Setelah kajian, acara Daurah Marhalah dirangkai dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD). Tema yang dibahas adalah terkait masa depan lembaga dakwah di kampus dalam rangka bela negara. Hasil dari FGD ini akan menjadi rekomendasi untuk kepengurusan lembaga dakwah se-UPNVJ selama satu periode ke depan.



Komentar Anda:

Anda telah berhasil berlangganan di Sabili.id
Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh ke Sabili.id
Assalamu'alaikum! Anda telah berhasil masuk.
Anda gagal masuk. Coba lagi.
Alhamdulillah! Akun Anda telah diaktifkan sepenuhnya, kini Anda memiliki akses ke semua artikel.
Error! Stripe checkout failed.
Alhamdulillah! Your billing info is updated.
Error! Billing info update failed.