Yayasan Kafalah Dakwah Indonesia adakan Riyadhoh Mini Soccer Charity For Palestine

Para pemuda dari berbagai entitas yang diinisiasi Yayasan Kafalah Dakwah Indonesia menggalang dana untuk Palestina dalam kegiatan bertajuk #charitymatchforpalesine. Acara tersebut berlangsung di lapangan Wins Arena Jakarta Timur, Ahad, 12 November 2023, pukul 16.00 sampai 18.00 WIB.
Yayasan Kafalah Dakwah Indonesia adakan Riyadhoh Mini Soccer Charity For Palestine
Kegiatan bertajuk #charitymatchforpalesine berlangsung di lapangan Wins Arena Jakarta Timur, Ahad, 12 November 2023

Sadarkah Anda, saat ini sebagian manusia di belahan bumi sana sedang berjuang mempertahankan kehormatan umat muslim se-dunia? Mereka mati-matian memperjuangkan tanah air para Anbiya dari penjajahan Zionis Israel! Ya, merekalah rakyat Palestina. Tepatnya saudara-saudara kita yang tinggal di Jalur Gaza. Lalu apakah pantas kita sebagai muslim hanya diam saja melihat peristiwa seperti itu? Sedangkan Rasulullah saw pernah bersabda,

عن النعمان بن بشير -رضي الله عنهما- قال: قال رسول الله ﷺ: مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ، مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى.
Dari Nu'man bin Basyir semoga Allah meridhoi keduanya berkata, bersabda rasulullah shalallahu alaihi wa salam: “Perumpamaan kaum Mukminin dalam cinta-mencintai, sayang-menyayangi, dan bahu-membahu, seperti satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuhnya sakit, maka seluruh anggota tubuhnya yang lain ikut merasakan sakit juga, dengan tidak bisa tidur dan demam.” – HR. Al-Bukhari dan Muslim

Hadist tersebut menyebutkan bahwa Rasulullah sedang mengajarkan bahwa seorang muslim harus 'peka' terhadap apa yang terjadi kepada muslim yang lain. Dan saling membantu sesama muslim.

Termotivasi dari hadist tersebut, para pemuda yang terhimpun dari berbagai entitas yang diinisiasi Yayasan Kafalah Dakwah Indonesia menanggapi krisis kemanusiaan yang sedang terjadi di Palestina. Wujudnya, Yayasan Kafalah Dakwah Indonesia berkolaborasi dengan Himpunan Maha Santri (HAMAS) Pesantren Bina Insan Kamil, Pemuda Dewan Dakwah Islamiyah DKI Jakarta, IMM, Pemuda Muhammadiyah, Sekolah Kepemimpinan Pemuda (SIKAP), dan beberapa elemen pemuda yang lainnya, mengadakan kegiatan galang dana untuk Palestina yang bertajuk #charitymatchforpalesine. Acara tersebut berlangsung di lapangan Wins Arena Jakarta Timur, Ahad, 12 November 2023, mulai pukul 16.00 sampai 18.00 WIB.

Kegiatan ini diharapkan dapat memupuk semangat para pemuda untuk menumbuhkan bukan hanya rasa simpati tetapi juga empatinya untuk membantu sesama, terutama sesama umat Islam dalam tindakan yang nyata. Setidaknya, dari kegiatan itu para pemuda menunjukkan bahwa sepak bola bukan sekadar olah raga, tetapi juga sebagai sarana untuk memberikan dukungan kepada saudara-saudara kita yang sedang berjuang di Palestina. Setiap cetakan gol, gocekan, dan umpan lambung yang dibuat di pertandingan itu adalah kontribusi untuk saling berbagi.

“Alhamdulillah ala kulli hal, atas izin Allah, kegiatan ‘riyadhoh mini soccer charity for Palestine’ terlaksana dengan lancar dan sesuai ekspektasi. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada rekan-rekan pemuda yang tergabung dalam organisasi/komunitas, di antaranya Pemuda Dewan Dakwah DKI Jakarta, Hamas, IMM, Pemuda Muhammadiyah, SIKAP, dan masih banyak lagi para mahasiswa lainnya yang ikut serta dalam kegiatan mini soccer charity for Palestine,” kata Sekretaris Yayasan Kafalah Dakwah Indonesia, Reza Utami, SH.

Menurut Reza Utami, mereka menginisiasi acara itu untuk merangkul para anak muda, menggandeng anak muda, serta mengarahkan kaum muda, untuk melakukan kegiatan sederhana, happy, tetapi penuh manfaat, dan insya Allah penuh berkah. “Kegiatan itu cukup efektif untuk mengajak anak muda dalam turut serta di kegiatan dakwah. Insya Allah kegiatan ini akan terus berlanjut lagi ke depannya,” ujarnya.

Reza Utami menuturkan, hasil penggalangan dana yang didapat lewat kegiatan tersebut akan disalurkan untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina melalui LAZNAS Dewan Da’wah. “Alhamdulillah, dalam kegiatan ini terkumpul dana ‘charity for Palestine’ sebesar Rp 2.000.000. Dan insya Allah dana tersebut akan kami salurkan melalui LAZNAS DD, lembaga yang kredibel dan sudah lama menjadi mitra kami,” kata Reza Utami, SH.

Semoga hal kecil ini dapat membantu apa-apa yang diperlukan untuk perjuangan saudara-saudara senafas kita yang saat ini sedang berjuang mempertahankan tanah air dan kehormatan umat muslim sedunia. Aamiin.


Komentar Anda:

Lainnya di Pernik
Artikel Terpopuler
Anda telah berhasil berlangganan di Sabili.id
Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh ke Sabili.id
Assalamu'alaikum! Anda telah berhasil masuk.
Anda gagal masuk. Coba lagi.
Alhamdulillah! Akun Anda telah diaktifkan sepenuhnya, kini Anda memiliki akses ke semua artikel.
Error! Stripe checkout failed.
Alhamdulillah! Your billing info is updated.
Error! Billing info update failed.