Anak IT Gak Hanya Hacker, Lho! Kenalan Yuk sama Pekerjaan-Pekerjaan Keren di Dunia Teknologi

Anak IT Gak Hanya Hacker, Lho! Kenalan Yuk sama Pekerjaan-Pekerjaan Keren di Dunia Teknologi
Photo by Arif Riyanto on Unsplash

Dulu, banyak yang berpikir kalau dunia IT cuma diisi sama para hacker jenius yang main coding doang. Kalau di dalam film, memang kayaknya anak IT tuh keren banget, sekali ketik langsung bisa bobol sistem. Padahal sebenarnya, di bidang ini ada banyak banget jenis-jenis pekerjaan keren yang nggak kalah seru!

Pengembang Perangkat Lunak (Software Developer)

Mereka adalah otak di balik aplikasi, program, dan sistem yang kita gunakan setiap hari. Pengembang perangkat lunak merancang, menguji, dan memelihara kode-kode yang membentuk landasan dari perangkat lunak yang kita nikmati.

Administrator Jaringan (Network Administrator)

Para administrator jaringan bertanggung jawab atas infrastruktur jaringan dalam sebuah organisasi. Mereka mengelola, memelihara, dan memperbaiki jaringan agar beroperasi secara lancar, termasuk keamanan dan konektivitasnya.

Spesialis Keamanan Informasi (Information Security Specialist)

Dalam dunia yang semakin terhubung digital, keamanan informasi sangatlah penting. Spesialis keamanan informasi mengidentifikasi, menganalisis, dan melindungi sistem dari ancaman keamanan seperti serangan peretasan dan virus.

Spesialis Analisis Data (Data Analyst)

Mereka yang terlibat dalam analisis data bertanggung jawab untuk mengurai data yang besar dan kompleks menjadi informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bisnis.

Baca juga: Bukan Sekadar Tren, Ini Fungsi Gen Z Punya First dan Second Account Instagram

Customer Service (IT Help Desk Support)

Mereka adalah orang-orang di balik layar yang membantu dalam menyelesaikan masalah teknis sehari-hari pengguna. Mereka memberikan dukungan teknis kepada individu atau organisasi yang memerlukan bantuan.

Ahli Desain UX/UI (UX/UI Designer)

Mereka fokus pada pengalaman pengguna (UX) dan antarmuka pengguna (UI). Desainer ini menciptakan tampilan dan rasa dari suatu produk teknologi untuk memastikan pengguna memiliki pengalaman yang memuaskan dan intuitif.

Insinyur Sistem (Systems Engineer)

Mereka bertanggung jawab untuk merencanakan, mengimplementasikan, dan memelihara infrastruktur sistem teknologi informasi dalam sebuah organisasi.

Jadi, dunia IT nggak cuma soal hacker misterius di balik layar. Ada banyak banget profesional keren dengan peran unik yang ngebantu bikin dunia digital jadi lebih baik! Tidak semua anak IT punya kemampuan hacking, dan tidak semua hacker punya kecenderungan untuk mengerjakan pekerjaan IT yang lain.



Komentar Anda:

Anda telah berhasil berlangganan di Sabili.id
Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh ke Sabili.id
Assalamu'alaikum! Anda telah berhasil masuk.
Anda gagal masuk. Coba lagi.
Alhamdulillah! Akun Anda telah diaktifkan sepenuhnya, kini Anda memiliki akses ke semua artikel.
Error! Stripe checkout failed.
Alhamdulillah! Your billing info is updated.
Error! Billing info update failed.