PPIJ Ajak Masyarakat Muslim Jakarta Manfaatkan JIC

PPIJ Ajak Masyarakat Muslim Jakarta Manfaatkan JIC
Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta atau Jakarta Islamic Centre (JIC) di Koja, Jakarta Utara / Foto Istimewa

Setelah lama tidak ada kabar tentang aktivitas di Jakarta Islamic Center (JIC) di Jakarta Utara, sebuah acara digelar Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ) di sana. Pada Selasa (23/1/2024), PPIJ menggelar acara Silaturahmi Sambung Rasa Pimpinan PPIJ dengan Insan Media, di Aula JIC, Jakarta Utara.

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ) merupakan pengelola Jakarta Islamic Center (JIC). PPIJ adalah sebuah kompleks masjid serta lembaga pengkajian dan pengembangan Islam yang berada di Jakarta Utara yang lebih dikenal sebagai JIC. Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ) sendiri sebenarnya adalah nama resmi JIC atau Jakarta Islamic Centre (Pusat Islam Jakarta) itu. Sebagai simpul persatuan umat, PPIJ berupaya mewujudkan JIC sebagai pusat pengembangan sumber daya Muslim, pengkajian, penyedia data dan informasi serta budaya Islam di Jakarta yang bertaraf Internasional.

PPIJ juga berupaya mewujudkan Pusat Pengembangan Islam Jakarta itu sebagai landmark dengan sosok fisik yang monumental, bernuansa Islami, dengan Masjid sebagai basisnya. Hal itu dijelaskan oleh Kepala Divisi Pendidikan dan Pengkajian, KH M. Nasir Zein, MA.

Baca juga: Istimewanya Masjid Jami' Al Mujahidin Pondok Soga

Nasir Zein menjelaskan, PPIJ sudah memfasilitasi lebih dari 40 komunitas Islam yang berkegiatan di JIC. “Mereka memang kita dorong agar mau menghidupkan suasana JIC dengan aktivitas keislaman,” kata Nasir Zein.

JIC adalah milik Provinsi DKI Jakarta. Artinya, semua warga muslim DKI Jakarta dapat memanfaatkannya secara maksimal tanpa dipungut biaya alias gratis. Cuma sayangnya, letaknya di sudut utara Kota Jakarta. Sehingga, bagi warga Jakarta Timur atau Jakarta Selatan, agak repot untuk memanfaatkan fasilitas JIC yang megah tersebut, karena jauhnya jarak untuk menjangkaunya.

“Secara prinsip, PPIJ membuka seluas mungkin (kesempatan bagi) masyarakat muslim DKI Jakarta untuk memanfaatkan JIC untuk aktivitas keislaman,” ujar Nasir Zein.

PPIJ saat ini berfungsi sebagai pusat muamalah, antara lain Pengkajian dan Pengembangan Nilai Islam, Pendidikan dan Pelatihan, Dakwah, Kegiatan Sosial dan Budaya, Ekonomi Syariah, Pemberdayaan Umat, Konsultasi Hukum Islam, dan Informasi Islam.



Komentar Anda:

Anda telah berhasil berlangganan di Sabili.id
Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh ke Sabili.id
Assalamu'alaikum! Anda telah berhasil masuk.
Anda gagal masuk. Coba lagi.
Alhamdulillah! Akun Anda telah diaktifkan sepenuhnya, kini Anda memiliki akses ke semua artikel.
Error! Stripe checkout failed.
Alhamdulillah! Your billing info is updated.
Error! Billing info update failed.