Ahad Pagi! Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Monas

Ahad Pagi! Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Monas
Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersama ormas keagamaan yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina / Foto Istimewa

Diperkirakan, dalam Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina itu akan hadir 3 juta massa. Termasuk di antaranya adalah para tokoh lintas agama dan pejabat negara. Bahkan, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dijadwalkan akan membersamai aksi tersebut. Rencana kehadiran Retno Marsudi itu dikatakan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Lalu M Iqbal, seperti dikutip katadata.com.

Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina itu merupakan bentuk dukungan kepada Palestina. Masyarakat Indonesia tegak lurus dalam memberikan dukungan kepada Palestina untuk mendapatkan kemerdekaannya. Hal itu sesuai amanat konstitusi yang termaktub dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang menyatakan bahwa kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan. Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim, menegaskan hal itu Ketika memberikan keterangan pers tentang rencana aksi tersebut.

“Pemerintah Indonesia tidak akan bergeser sedikit pun untuk terus mendukung Palestina,” tegas Sudarnoto kepada wartawan dalam konferensi pers di Kantor MUI, Jakarta, Kamis, 2 November 2023.

Baca Juga : Masyarakat Indonesia Suarakan Solidaritas untuk Palestina

Selain Menteri Luar Negeri, sejumlah tokoh lintas agama dan pejabat negara juga dijadwalkan ikut dalam aksi tersebut. Di antaranya adalah KH Marsudi Syuhud, KH Anwar Abbas, KH Amirsyah Tambunan, Romo Heri Wibowo, Pdt. Henrek Lokra, Dr. Chandra Setiawan, Prof. Philip K, KH Bachtiar Nasir, Prof. Dr. KH Din Syamsuddin, KH Cholil Nafis, KH Zaitun Rasmin, Dr. KH Hidayat Nur Wahid, dan Ustadzah Sabriati Aziz.

Sementara itu, Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis, mengatakan, kejadian di Palestina adalah kejahatan atas kemanusiaan yang dilakukan oleh Israel. Sehingga, sejatinya siapa pun yang mengaku manusia, apa pun agamanya, apa pun ideologinya, akan menentang tindakan yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina. Karena itu pula, Kiai Cholil lantas mengajak semua lapisan masyarakat untuk peduli dengan terlibat dalam Aksi Bela Palestina. Aksi tersebut juga mendapat dukungan penuh dari organisasi semisal PGI, Permabudhi, serta organisasi lintas agama lainnya.

“Bawa bendera ormasnya masing-masing,” ujar Kiai Cholil.



Komentar Anda:

Anda telah berhasil berlangganan di Sabili.id
Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh ke Sabili.id
Assalamu'alaikum! Anda telah berhasil masuk.
Anda gagal masuk. Coba lagi.
Alhamdulillah! Akun Anda telah diaktifkan sepenuhnya, kini Anda memiliki akses ke semua artikel.
Error! Stripe checkout failed.
Alhamdulillah! Your billing info is updated.
Error! Billing info update failed.