Anies Baswedan Serahkan Langsung Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir di Sumbar

Anies Baswedan Serahkan Langsung Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir di Sumbar
Anies Baswedan saat serahkan bantuan untuk warga terdampak banjir di Kampung Galapuang, Kabupaten Padang Pariaman. / Foto Istimewa

Calon Presiden nomor urut 1 dalam Pilpres 2024, Anies Baswedan, pada Sabtu (16/3/2024), datang mengunjungi langsung salah satu wilayah yang terdampak banjir di Sumatera Barat. Tepatnya di Kampung Galapuang, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman. Bertempat di Surau Kalampaian, Kampuang Galapuang, Anies menyerahkan secara simbolis bantuan berupa 200 paket sembako (sembilan bahan makanan pokok) kepada warga terdampak banjir.

“Kami menyampaikan beberapa bantuan. Harapannya agar bisa meringankan sekaligus bisa menguatkan,” kata Anies kepada awak media.

Banjir dan tanah longsor terjadi di Sumbar (Sumatera Barat) pada Kamis (7/3/2024) pasca hujan deras. Dampaknya, sekira 26 orang tewas dan lebih dari 70.000 orang dievakuasi.

Kepada warga terdampak banjir, Anies mengatakan, di balik musibah itu tentu ada hikmah besar yang nanti akan punya dampak positif bagi masyarakat. Ia pun meminta warga bersabar menghadapi musibah itu.

“Insya Allah diberikan kekuatan, diberikan ketabahan (untuk) melewati masa sulit ini,” ujar Anies.

Ketua DPW Partai Nasional Demokrat (NasDem) Sumatera Barat, Fadly Amran, turut mendampingi kunjungan Anies Baswedan kali ini. Ia menyatakan, bersyukur Anies Baswedan bisa ikut hadir dan memberikan langsung bantuan sembako kepada warga terdampak banjir.

Baca juga: Anies Baswedan: “Kita Tak Boleh Berhenti Suarakan Pesan untuk Lawan Kezaliman”

Selain mengunjungi warga dan menyerahkan bantuan, Anies juga melakukan silaturahmi dengan tokoh masyarakat di Padang saat menjelang berbuka puasa. Selanjutnya, ia melaksanakan shalat tarawih di Masjid Raya Sumatera Barat.

Anies pun mengatakan, tujuan utama kunjungan ke Padang kali ini adalah menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan masyarakat Sumbar di Pilpres 2024 kemarin.

“Insya Allah kita terus ikhtiarkan perubahan bisa terjadi di republik ini,” katanya.

Para warga yang kebanyakan ibu-ibu pun bersuka cita melihat tokoh nasional itu mengunjungi wilayah mereka. Dan di kunjungan itu, Anies juga menyempatkan ikut berfoto dengan anak-anak di serambi Surau Kalampaian, Kampung Galapuang, Padang Pariaman.

Sehari sebelumnya, Menko PMK, Muhadjir Effendy, juga mengunjungi warga terdampak banjir di wilayah yang sama. Pada Jumat (15/3/2024) itu, Menko PMK tiba di Kabupaten Padang Pariaman pada sore hari menjelang magrib. Di Lapangan Nagari Sikucua, Kecamatan Lima Koto, Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, Menko PMK memberikan semangat kepada para warga yang terkena dampak banjir.

Muhadjir mengimbau supaya warga sabar dan tetap bisa beraktivitas normal selepas musibah itu. Serta tidak berlarut-larut dalam kesedihan jika ada anggota keluarga yang menjadi korban musibah banjir. Menko PMK juga menyempatkan diri berinteraksi dengan warga dan anak-anak. Di kesempatan itu pula, Muhadjir Effendy menyerahkan bantuan berupa logistik dan santunan untuk ahli waris korban yang meninggal dunia.



Komentar Anda:

Anda telah berhasil berlangganan di Sabili.id
Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh ke Sabili.id
Assalamu'alaikum! Anda telah berhasil masuk.
Anda gagal masuk. Coba lagi.
Alhamdulillah! Akun Anda telah diaktifkan sepenuhnya, kini Anda memiliki akses ke semua artikel.
Error! Stripe checkout failed.
Alhamdulillah! Your billing info is updated.
Error! Billing info update failed.