Debat Ketiga Pilpres 2024 Ahad Malam, Pertahanan Keamanan dan Hubungan Internasional Jadi Tema

Debat Ketiga Pilpres 2024 Ahad Malam, Pertahanan Keamanan dan Hubungan Internasional Jadi Tema
Tiga Calon Presiden bergandeng tangan usai debat perdana capres di Kantor KPU, Jakarta / Endra Prakoso (ENDRA)

Debat ketiga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 akan dilaksanakan pada Ahad (7/1/2024) mulai pukul 19.00 WIB. Tiga Calon Presiden (Capres), yaitu Anies Rasyid Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, dijadwalkan akan tampil.

Debat ketiga Pilpres 2024 ini akan mengangkat tema yang terkait persoalan-persoalan Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik. Para Capres diharapkan mampu memberikan gambaran konkret tentang tema tersebut, sesuai dengan visi dan misi yang mereka kampanyekan.

Total durasi debat ketiga ini dijadwalkan 150 menit, mencakup 6 segmen. Segmen pertama adalah pembukaan, pembacaan tata tertib, serta penyampaian visi, misi, dan program kerja. Segmen kedua berupa pendalaman visi, misi, dan program kerja masing-masing Capres. Segmen ketiga berisi pendalaman visi, misi, dan program kerja yang dipandu oleh moderator. Segmen keempat merupakan sesi tanya jawab dan sanggahan. Segmen kelima ialah melanjutkan sesi tanya jawab dan sanggahan. Dan segmen keenam adalah Penutupan.

Di dalam debat ketiga tersebut, KPU sudah memilih 11 panelis yang bertugas menyusun pertanyaan bagi tiga calon presiden (capres). Mereka telah menyusun pertanyaan sebagai materi debat tersebut. Sedangkan moderator yang akan memandu debat capres ketiga adalah Ariyo Ardi (jurnalis dari GlobalTV) dan Anisha Dasuki (jurnalis dari Inews).

Baca juga: Prof. Dr. Effendi Gazali: "Saya Tak Bisa Jawab Bagaimana Masa Depan Demokrasi di Indonesia"

Kesebelas panelis dalam debat ketiga Pilpres 2024 adalah Hikmahanto Juwana (Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia dan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani), Angel Damayanti (Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia), Curie Maharani Savitri (Dosen Hubungan Internasional, ahli kajian industri pertahanan dan alih teknologi Universitas Binus), Evi Fitriani (Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia), I Made Andi Arsana (Ahli Aspek Geospasial Hukum Laut Universitas Gadjah Mada), Ian Montratama (Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina), Irene Hiraswari Gayatri (Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional), Kusnanto Anggoro (Pakar Keamanan Universitas Pertahanan), Laksamana TNI (Purn) Marsetio (KSAL 2012-2014 dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan), R Widya Setiabudi Sumadinata (Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjajaran), dan Philips J Vermonte (Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia dan Senior Fellow CSIS).

KPU menyatakan, tidak akan banyak perubahan format dan alur dalam debat ketiga Pilpres 2024. Hal itu dikatakan komisioner KPU, August Mellaz, dalam keterangan pers pada Jumat, 5 Januari 2024. Kata August yang menjabat sebagai Ketua KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat itu, tidak ada perubahan format, alur, dan durasi waktu dalam pelaksanaan debat ketiga nanti.

Berdasarkan jadwal yang dirilis KPU, debat capres-cawapres akan digelar sebanyak lima kali. Debat pertama (Capres) pada Selasa, 12 Desember 2023; Debat kedua (Cawapres) pada Jumat, 22 Desember 2023; Debat ketiga (Capres) pada Ahad, 7 Januari 2024; Debat keempat (Cawapres) pada Ahad, 14 Januari 2024; dan Debat kelima (Capres) pada Ahad, 4 Februari 2024.


Komentar Anda:

Anda telah berhasil berlangganan di Sabili.id
Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh ke Sabili.id
Assalamu'alaikum! Anda telah berhasil masuk.
Anda gagal masuk. Coba lagi.
Alhamdulillah! Akun Anda telah diaktifkan sepenuhnya, kini Anda memiliki akses ke semua artikel.
Error! Stripe checkout failed.
Alhamdulillah! Your billing info is updated.
Error! Billing info update failed.